Cara Menghemat Baterai Android

Baterai android terkadang cepat habisnya, apalagi biasanya digunakan terus menerus penggunaan androidnya. Tetapi baterai tersebut bisa dihemat dengan cara-cara berikut yang Rizal Art sudah rangkum. Jadi kalian tinggal membacanya saja sampai selesai.





Baterai android sebenarnya memiliki daya tahan yang lama.Namun dari diantaranya ada yang membuat baterai menjadi cepat habis.Siapa yang tidak kesal jika baterai Android Cepat habis ?Pada kali ini saya akan memberikan Tips Menghemat Baterai Android. 

  1.Mematikan Wifi/Bluetooth/Data


Cara menghemat Baterai Android yang pertama kali sobat harus perhatikan adalah Mematikan Wifi/Bluetooth/Data . Jika Android anda sedang tidak digunakan (saat tidur) , jangan lupa matikan Wifi/Bluetooth/Data , dikarenakan disaat tidak digunakan pada pada wifi akan terus mencari sinyal wifi , sedangkan untuk Bluetooth dan Data sama juga


 2.Airplane Mode(Mode pesawat)


Cara menghemat Baterai Android yang kedua ini sangat efektif.Sangat dianjurkan untuk yang tidak berkepentingan (tidur).Karena dengan diaktifkannya mode pesawat maka Android sobat akan berhenti memancarkan dan menerima sinyal (perlu diketahui jaringan seluler adalah faktor utama).Tapi jangan khawatir jika anda ingin internetan,sobat bisa menyalakan wifi

3.Matikan GPS jika tidak digunakan


 Cara menghemat Baterai Android yang ketiga adalah Mematikan GPS disaat tidak digunakan.Yauntuk sobat yang suka travelling pasti tidak lepas dengan maps.Sedangkan maps itu membutuhkan GPS.Perlu diketahui juga GPS membutuhkan daya yang besar.Jadi disaat sobat sedang membuka Maps,maka daya yang dibutuhkan juga besar.Dan jangan lupa untuk mematikan GPS sesudah digunakan.Berabe kan kalau lupa dimati'in


4.Hapus Aplikasi Ketiga "Penghemat Battery"


Cara menghemat Baterai Android yang keempat adalah Hapus aplikasi ketiga yang mengiming imingi "Hemat Baterai".Ya jika sobat pernah melihat aplikasi Penghemat Baterai entah itu diplaystore atau dimanapun.Lebih Baik dihapus,Ya karena Aplikasi "Penghemat Battery" itu bukanya menghemat malah membuat boros,dikarenakan Aplikasi "Penghemat Battery" itu membutuhkan kinerja CPU untuk mendapatkan status baterai terus menerus (perlu diketahui juga semakin kecil frekuensi cpu maka semakin kecil juga daya yang dibutuhkan)


5.Gunakan Greenify


Cara menghemat Baterai
 Android yang kelima adalah gunakan greenify . Tips yang ini sudah terbukti ampuh menghemat baterai.Dikarenakan cara kerja aplikasi ini adalah mematikan aplikasi yang masih berjalan dan tidak digunakan secara tuntas sampai akarnya.Dan aplikasi ini juga membutuhkan Akses ROOT pada android sobat.


6.Turunkan Frekuensi CPU


Cara menghemat Baterai Android yang keenam adalah Turunkan Frekuensi CPU.Tips yang ini juga sudah terbukti ampuh tetapi jangan lupa aplikasi ini juga membutuhkan Akses ROOT.Pernah punya laptop ? Pernah ganti mode baterai ke "Power Saver" Apa yang terjadi ?  Laptop menjadi lag,lemot,dsb.Tapi Dengan cara itu laptop sobat juga menjadi hemat. Cara ini juga berfungsi Kepada Android,sobat bisa mendownload apliasi bernama "kernel audiator".Disitu sobat bisa mengatur sampai berapa menurunkan CPU (diusakan jangan terlalu kecil karena sangat lag) 
Kalian dapat mengecek semua CPU yang berjalan dengan mendownload aplikasi di android yaitu CPU Z .


7. Mematikan Aplikasi Berjalan


Aplikasi berjalan ini biasanya lupa kita matikan atau kita hapus dari riwayat pembukaan. Tanpa kalian ketahui, aplikasi berjalan ini sangat membuar batrai boros atau cepat habis. Hindari juga bermain game terlalu lama atau berjam-jam biasanya penggunaan game berjam-jam ini biasanya membuat handpone anda panas. Apalagi jika kalian pengguna handphone asus.


8. Hindari Penggunaan Pada Saat Mencharger


Penggunaan handpone android pada saat dicharger dapat merusak baterai, akibatnya nanti baterai akan cepat habisnya atau menjadi boros. Jangan keseringan menggunakan ini karena bisa juga terjadi kecelakaan tak terduga seperti kesetrum dan lain lain.


9. Jangan Mencharger Terlalu Lama

Mencharger terlalu lama juga dapat membuat baterai android kalian menjadi boros. Usahakan jika sudah 100% kalian cabut saja. Biasanya jika dicharger lebih dari 100% akan mengakibatkan kerusakan pada baterai android anda. Biasanya hal ini terjadi ketika kalian mencharger handpone kalian pada saat ingin tidur. Dan paginya baru kalian cabut. Hindari kebiasaan seperti itu, karena itu akan merusak baterai android kalian.
Sekian Tutorial Cara Menghemat Baterai Android . Jika ingin membaca tentang tutorial-tutorial lainnya kalian bisa pilih Label Tutorial pada bagian menu diatas. 
Baca Juga :


No comments for "Cara Menghemat Baterai Android"